Cara menaikkan berat badan saat menyusui

Berat badan tidak meningkat bisa disebabkan karena kebutuhan konsumsi energi yang rendah. Hal ini mengakibatkan beberapa cadangan energi dalam bentuk lemak tubuh akan digunakan. Penyebab lainnya adalah karena metabolisme yang cepat (bisa juga keturunan).



Dalam kondisi Anda menyusui, asupan makanan pasti lebih banyak karena Anda membutuhkan energi untuk aktivitas Anda sendiri dan produksi ASI. Jika asupan makanan Anda kurang, tentu saja berat badan Anda tidak akan meningkat atau malah malah menurun. Berat badan Anda dapat ditingkatkan dengan cara :


Makan teratur 3 kali sehari dengan nutrisi seimbang lebih dari biasanya dan ditambah 2 cemilan (biskuit berisi susu, keju dan minuman yogurt, jus buah). Nutrisi seimbang adalah urutan hidangan hari yang mengandung nutrisi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas agar sesuai dengan kebutuhan tubuh agar dapat hidup sehat secara optimal. Makan lebih banyak sumber makanan energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi, ikan, daging, tempe, tahu. 

Terus berolahraga secara teratur. Ini karena beberapa jam setelah berolahraga biasanya akan terasa lapar sehingga bisa meningkatkan nafsu makan, yang tentunya bermanfaat untuk meningkatkan berat badan. Di sisi lain, olahraga perlu menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan naik beberapa kilo. Tak perlu terlalu berat, cukup berjalanlah selama 30 menit secara teratur untuk menjaga keseimbangan tubuh. Yang terakhir ini cukup istirahat sehingga energi Anda tidak banyak terbuang. Saran saya adalah Anda harus berusaha meningkatkan berat badan dengan mengubah pola hidup.