cara meningkatkan berat badan yang sehat dan aman

Bagaimana cara meningkatkan berat badan yang sehat? Jika Anda kurus dan penurunan berat badan Anda bukan disebabkan oleh penyakit, maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan Anda.

1. Makan lebih sering

Jika Anda kurus atau memiliki berat kurang, maka biasanya Anda akan kenyang lebih cepat bila dibandingkan dengan berat badan normal. Dibandingkan dengan tiga kali sehari, usahakan makan lebih sering misalnya lima sampai enam kali per hari. Dengan cara ini lebih mudah bagi Anda untuk menambah jumlah kalori tanpa merasa terlalu kenyang.

2. Pilihlah jenis makanan yang kaya nutrisi

Makan junk food dan makanan instan dengan tujuan meningkatkan berat badan bukanlah cara yang baik. Karena meski Anda kurus, ada kondisi yang disebut kurus lemak. Ini adalah situasi dimana seseorang terlihat kurus namun sebenarnya kadar lemak dalam tubuh lebih tinggi dari biasanya. Kadar lemak dalam darah seperti kolesterol total dan LDL juga cenderung tinggi. Karena itu pilihlah makanan yang kaya nutrisi yang dapat membantu meningkatkan berat badan Anda sekaligus menjaga kesehatan Anda. Misalnya pilih jenis kabrohidrat yang berasal dari whole grain, sayuran dan buah, susu dan produk bensin, daging, serta biji dan kacang-kacangan.



3. Coba makan smoothies atau shake

Daripada mengonsumsi soda, kopi, atau minuman lain yang berkalori tinggi namun rendah kandungan nutrisinya, kualitas Anda bisa mencoba mengonsumsi milk shake atau smoothies. Anda bisa menggunakan susu atau jus buah yang dibekukan sebagai bahan dasar smoothies Anda. Potongan-potongan almond atau biji rami juga bisa menjadi pilihan untuk menambahkan kalori terutama protein.

4. Pilih jenis makanan padat kalori

Makanan seperti kacang baik yang masih dalam bentuk kacang maupun dalam bentuk selai, serta buah kering adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi. Ini berarti Anda tidak perlu mengkonsumsi terlalu banyak kalori untuk mendapatkan sebanyak itu. Selain buah-buahan seperti mangga dan alpukat juga bisa menjadi pilihan Anda karena mengandung kalori tinggi.

5. Sadarilah kapan waktu terbaik untuk minum

Pada beberapa orang, minum pada saat makan bisa mengurangi nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Untuk menyukai hal ini, Anda bisa mengetahui kapan waktu minum yang tepat. Mungkin sebelum makan atau setelah makan mungkin. Anda juga bisa memesan minuman yang berkalori tinggi (seperti jus buah misalnya) daripada air sehingga Anda masih bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

6. Anda bisa memperbanyak makanan ringan

Pastinya makanan ringan itu bagus dengan nilai nutrisinya. Seperti buah-buahan, roti lapis, roti, susu, kacang-kacangan, dan keju. Hindari makanan ringan yang berkalori tinggi dan gemuk namun kandungan zat gizi kurang tinggi nilainya seperti keripik kentang, permen, coklat, dan banyak lagi. Anda bisa makan makanan dan kudapan sebelum tidur. Makanan penutup juga bisa Anda tambahkan di menu harian Anda. Silahkan pilih jenis makanan penutup seperti yogurt atau oatmeal kukis.

7. Rutin berolahraga

Terutama jenis olahraga yang kamu kembangkan massa otot. Meningkatkan massa otot adalah salah satu cara untuk meningkatkan berat badan yang sehat. Selain itu, olahraga teratur juga bisa meningkatkan nafsu makan.